Minggu, 16 Desember 2012

Berwisata ke Kepulauan Raja Ampat Papua

Berwisata ke Kepulauan Raja Ampat PapuaRaja Ampat adalah kabupaten baru hasil pemekaran Kabupaten Sorong dengan luas wilayah + 4,6 juta hektar. 

Sekitar 85% dari luas wilayah tersebut merupakan lautan, sementara sisanya adalah gugusan pulau dan karang atol sejumlah + 610 pulau. Dari ratusan pulau-pulau tersebut, hanya 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk asli.

Kab. Raja Ampat terletak di jantung pusat segitiga karang dunia ( Coral Triangle) dan merupakan pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia saat ini. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.


Betapa tidak, terumbu karang di laut Raja Ampat, menurut beberapa penelitian dan riset yang telah dilakukan, dinilai sebagai kepulauan dengan terumbu karang terlengkap di dunia. Kepulauan ini berada di bagian paling barat pulau induk Papua, Indonesia.

Wilayah ini sempat menjadi incaran para pemburu ikan karang dengan cara mengebom dan menebar racun sianida. Namun, masih banyak penduduk yang berupaya melindungi kawasan itu sehingga kekayaan lautnya bisa diselamatkan. Terumbu karang di laut Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia.

Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini. Ditemukan pula 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Sungguh merupakan pengalaman berlibur yang tak akan disesali jika kita menyempatkan diri mengunjungi kepulauan Raja Ampat, menikmati keindahan keanekaragaman biota laut yang ada, memanjakan mata dengan indahnya hamparan pasir putih dan pemandangan yang begitu alami dan asri.

Foto-foto Kepulauan Raja Ampat :







1 komentar:

  1. Indonesia emang surganya dunia
    Raja Ampat Papua lebih cantik dari Phi-Phi Islands di Phuket Thailand
    Cuman sayangnya, Pemerintah belum bisa memfasilitasi transportasi murah ke sana
    Nice share

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan beri Comment yang bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.