Senin, 20 Juni 2011

Tim Azad Iran Juara Tour de Singkarak 2011

Tour de Singkarak 2011 

Tim Azad University (Iran) Juara Umum Tour de Singkarak 2011.

Tiga pembalap Azad University asal Iran berhasil kuasai Tour de Singkarak (TdS)2011. Ketiga pembalap tersebut adalah Amir Zargari, Rahim Emami, dan Golakhour Pourseyedi.

Hal ini sekaligus juga menasbihkan Iran sebagai penguasa TdS sejak pertama kali digelar tahun 2009. Sebelumnya, Gader Mizbani asal Tabriz Petrochemical Cycling Team, menjadi juara umum TdS 2009 dan 2010. Namun, juara bertahan itu tak ikut TdS 2011 karena cidera.

Hingga etape VIIA, Zargari yang menjadi juara umum, mengumpulkan catatan waktu 17:52:01. "Hal ini saya raih berkat kekompakan tim," ujarnya, seusai balapan di Dermaga Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Minggu (12/6).
Juara TdS 2011
Sementara itu, Rahim di peringkat dua, berhasil mengumpulkan catatan waktu 17:52:17. Sedangkan Golakhour yang menjadi juara tiga TdS 2011, raih total waktu 17:53:43.

Dalam TdS 2011 ini, juara umum pembalap Indonesia atau peraih Red dan White Jersey diraih oleh Agung Alisyahbana (Prima Utama) dengan catatan waktu 18:04:39. Kemudian, Hari Fitrianto (Prima Utama) dengan cacatan waktu 18:05:24. Peringkat ketiga, Tonton Susant0 (Prima Utama), dengan waktu 18:07:33.

Sedangkan untuk kategori tim, Azad University Iran menjuarai klasemen umum dengan catatan waktu 53:37:46, Team Hongkong China 54:10:41. Dan peringkat ketiga, Prima Utama asal Indonesia, dengan total waktu 54:13:51.
Juara TdS 2011
Untuk di kategori sprint, Jang Chan Jae (Trengganu Pro-Asia Cycling Team) berhasil menjadi penguasa dengan poin 18. Dia menjadi pemilik abadi green jersey untuk TdS 2011. Peringkat kedua, Jaya Erwin asal Polygon Sweet Nice Surabaya dengan poin 8. Ketiga, Projo Waseso asal United Bike Kencana Malang dengan poin 7.

Sementara itu, raja tanjakan juga menjadi milik pembalap Iran. Golakhour Pourseyedi menjadi terdepan dengan poin 45. Diikuti oleh Rahim Emami dengan poin 44. Dan Amir Garzari dengan poin 43.

Di etape VIIB, sekaligus penutup, pembalap asal Korea Selatan, Jang Chan Jae (Trengganu Pro- Asia Cycling Team) berhasil meraih podium pertama di etape 7B Tour de Singkarak (TdS) 2011.

Di étape 7B, Danau Kembar- Danau Singkarak ini, Jae bersaing ketat dengan United Bike Kencana Malang, Projo Waseso dan pembalap Action Cycling Team, Hsiao Shih Hsin asal Taipei.

Dua pembalap itu akhirnya meraih peringkat dua dan peringkat tiga. Di etape terakhir yang berjarak tempuh 70,8 kilometer ini, ketiga pembalap Iran gagal masuk 10 besar.

Deputi Promosi dan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI Sapta Nirwanda menilai penyelenggaraanTdS 2011 ini berjalan sukses.

Namun, penyelenggara (Event Organizer) Tour de France yang diundang untuk memantau TdS, menganggap jalur etape TdS masih pendek.

Untuk mencapai standar balapan sepeda seperti Tour de France, Sapta menjelaskan, mereka menilai etape TdS diperpanjang untuk tahun depan.

"Berarti harus ditambah lagi kabupaten dan kota yang dilalui. Dan ini wewenang gubernur," katanya.

TdS, lanjutnya, meraih poin 2,2 untuk peringkat di Asia. "Semakin terkenalnya TdS, jelas akan banyak wisatawan yang berdatangan ke daerah ini karena penasaran," ungkapnya.

Sementara itu, untuk penyelanggaraan TdS tahun depan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berjanji memperbaiki infrastruktur yang lebih baik dibanding sekarang.

Meski dianggap sukses, Bupati Solok Syamsu Rahim mengaku belum bisa menghingtung secara kuantitatif dampak TdS terhadap perekonomian Kabupaten Solok.

"Penghasilan dari wisata belum bisa kita ukur karena kita belum mengelola secara profesional. Kita masih kerjasama dengan pihak ketiga," jelasnya.

TdS yang telah menjadi ikon Sumbar, dia menambahkan, otomatis akan mengenalkan Kabupaten Solok ke dunia internasional. "Orang akan tertarik untuk datang ke Solok," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Polisi Daerah Sumbar Kombes Pol Erry Subagyo mengatakan pengamanan TdS cukup terbantu dengan tertibnya masyarakat.

Tercatat, pada TdS 2011 ini, seorang driver pembawa barang-barang atlet tewas di perbatasan Kabupaten Agam dan Kabupaten 50 Kota akibat menabrak pembatas jalan, Kamis lalu.

TdS 2011 melibatkan 4.558 personel kepolisian termasuk Tim Gegana Brimobda Sumbar. "Kita melibatkan tim Gegana, karena mereka juga satuan polisi," ungkap Erry.

http://muliardybanun-online.com/tim-azad-university-iran-juara-umum-tour-de-singkarak-2011

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan beri Comment yang bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.